Perawat berdiskusi

Kuwait Deportasi 700 Perawat Indonesia

Posted by diskusiperawat on December 3, 2008

02/12/2008 05:29
Kuwait Deportasi 700 Perawat Indonesia

Staff Ministry of Health Kuwait ( MOH ) bagian formalitas dokumentasi penerimaan karyawan baru untuk para imigran, menyatakan segera mendeportasi seluruh perawat asal Indonesia.

Mereka berencana mendeportasi seluruh perawat Indonesia, yang bekerja di Kuwait sehubungan tidak ada tanggapan yang serius dari pemerintahan Indonesia berkaitan dengan masalah verifikasi ijazah perawat Indonesia di Kuwait.

Seperti diketahui jumlah perawat Indonesia yang bekerja di Kuwait sampai saat ini kurang lebih sekitar 700 orang, mereka mulai berdatangan ke Kuwait sejak perang teluk tahun 1991, kemudian disusul pada tahun 2000, 2001 dan terakhir tahun 2004.

Bekerja di bawah departemen kesehatan Kuwait memang menyenangkan Dengan gaji berkisar antara Rp15 ? Rp 18 juta setiap bulannya (kurs rupiah 12 ribu), disertai berbagai fasilitas lainya antara lain free apartment, free transportation, free food bagi perempuan, annual leave setiap satu tahun sekali, singkatnya dengan posisi sebagai perawat dan fasilitas serta gaji yang sangat besar sangat susah untuk didapatkan di negara sendiri, kira- kira menjadi pegawai negeri di negara orang jauh lebih sejahtera daripada menjadi pegawai di negeri sendiri.

Ada beberapa ketentuan yang di berlakukan oleh departmen kesehatan Kuwait terhadap semua pekerja imigran yang datang, antara lain adalah verifikasi semua keahlian yang diaplikasikan dengan verifikasi ijazah dari semua imigran.

Dalam hal ini Ministry of Health Kuwait ( MOH ) bekerjasama dengan Department Higher Education untuk melakukan verifikasi ijazah ini bagi semua imigran yang datang dari semua negara bukan hanya dari Indonesia.

Untuk Indonesia, mereka akan mengirimkan surat ke pemerintahan Indonesia dalam hal ini Departemen Kesehatan dan lembaga terkait yang mengeluarkan ijazah akademi keperawatan/sarjana keperawatan, untuk mengisi form tersebut dan memberikan pernyataan, bahwa ijazahnya benar-benar asli dan benar dikeluarkan oleh institusi Depkes tersebut.

Coba bayangkan pengiriman surat ini dari Departemen Kesehatan Kuwait disampaikan tahun 2000, tapi sampai sekarang belum ada balasan, kemudian tahun 2004 terkirim lagi tapi belum ada balasan juga. Makanya mereka sangat emosi dan menilai tidak ada respek sama sekali dari pemerintahan Indonesia, sepertinya aneh dan mustahil tapi itulah adanya dan memang benar-benar seperti itu.

Apa masalahnya jika surat verifikasi ijazah tidak ada balasan dari pemerintahan Indonesia, ini secara kasarnya mereka menganggap semua ijazah yang dimiliki oleh teman-teman perawat disini tidak bisa di pertanggung jawabkan alias palsu, sehingga mereka MOH (ministry of Health ) menganggap semua perawat Indonesia disini bekerja secara ilegal, tidak berdasarkan skill dan tidak punya keahlian karena ijazahnya tidak mampu untuk di verified.

Makanya atas dasar hal tersebut terlontar pernyataan bahwasanya mereka tidak akan segan-segan untuk mendeportasi seluruh perawat Indonesia yang bekerja disini. Memang sangat ironis disaat pemerintah tidak bisa menyediakan lapangan kerja bagi rakyatnya, bagi teman-teman yang sudah nyaman bekerja di sinipun terusik dengan ancaman deportasi karena kelalaian pemerintah merespon negara konsumen yang notabene Negara Kuwait sebagai pemakai tenaga kerja Indonesia.

Ternyata, bukan itu saja implikasinya, bagi teman-teman yang berkeinginan memutus kontrak hubungan kerja dengan MOH, mereka tidak mengizinkan sebelum masalah verifikasi ini benar-benar selesai. Sehingga banyak teman- teman perawat di sini yang mau pulang ke Indonesia, tidak bisa keluar dari Negara Kuwait.

Sungguh kasihan teman saya, sudah berbulan-bulan menunggu masalah verifikasi ini selesai tapi sampai saat ini belum ada kejelasannya, padahal dia berencana pulang sejak empat bulan yang lalu, keluarga dan suaminya sudah menunggu di rumah, kenapa anaknya sampai sekarang belum pulang-pulang.

Dwi Susilo, kurnia77@gmail.com
My Best Regard

Eko Priyanto
Mobile: +965 6942364

(message was copied from miling list inna_ppni@yahoogroups.com)

======================================================================

jadi perawat emang susah.
perawat yang kerja di negara sendiri udah gak di urus, apalagi yang kerjanya jauh…

pemerintah Indonesia harus segera bertindak karena jika tidak maka sayang sekali (baca: memalukan) bila akhirnya perawat2 yang udah kerja disana akhirnya harus dipulangkan ke Indonesia hanya karena kelalaian pemerintah, dalam hal ini Dinas terkait, untuk MERESPON SEBUAH SURAT.

salam,

http://www.diskusiperawat.co.cc

(mereka yang terkait seharusnya bisa dikenakan pasal apa yahh? negligence – due to failure to act that may endanger 700 nurse’s life)

any comment?🙂

5 Responses to “Kuwait Deportasi 700 Perawat Indonesia”

  1. khomsah said

    Wah… sudah menyebar begitu luas nampaknya artikel propokasi ini. yang sempat baca artikel di atas, tolong baca penjelasan resminya disini ya : http://www.inna-k.org/2008/12/deportasi-perawat-indonesia-di-kuwait.html

  2. Saya kurang jelas dengan proses verifikasi ijasah perawat, kok bisa parah kasusnya? kan ada PPNI Indoneia / PPNI Kuwait gimana nich lobby nya?

  3. nur se said

    Depkes indonesia itu pro iklan rokok, KALAU BISA DIPERLAMBAT KENAPA DIPERCEPAT?………TANYA KENAAAPAAA?
    orang depkes itu isinya mafia semua, baru kerja kalau ada uang kolong meja.

  4. nur se said

    KAYA…..MUSTINYA ORANG DEPKES ITU HARUS IKUT ESQ SAMPE BINTANG TUJUH BIAR TAU RUMUS SATU PER NOL SAMA DENGAN TAK TERHINGGA.
    HAIIII ORANG DEPKES INDONESIA……HATIIMU HAMPA…..ASTAGFIRLOH…LANJUTKAN…KORUPSINYA..LEBIH CEPAT LEBIH BAIK…..

  5. WANN TO TRI said

    HAII ORANG DEPKES BERTAUBATLAH…IKUTLAH ESQ….CARANYA GAMPANG: SATU PER NOL SAMA DENGAN TAK TERHINGGA….HIDUP CUMA SEBENTAR…INGATLAH AJALMU…BERBUAT BAIKLAH…jangan mempersulit hajat hidup orang banyak…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: